Senin, 29 Juni 2015

Pengendalian produksi


Pengendalian Produksi
a.      Menurut Vincent Gaspersz (1998, p3) produksi merupakan fungsi pokok dalam setiap organisasi, yang mencakup aktifitas yang bertanggung jawab untuk menciptakan nilai tambah produk yang merupakan output dari setiap organisasi industri itu. Kebutuhan produksi untuk beroperasi dengan biaya yang lebih rendah, meningkatkan kualitas dan produktifitas, dan menciptakan produk baru telah menjadi kekuatan yang mendorong teknologi untuk melakukan berbagai terobosan dan penemuan baru. Produksi dalam sebuah organisasi pabrik merupakan inti yang paling dalam, spesifik serta berbeda dengan bidang fungsional lain seperti: keuangan, personalia, dan lain-lain. Sistem produksi merupakan sistem integral yang mempunyai komponen struktural dan fungsional. Dalam sistem produksi modern terjadi suatu proses transformasi nilai tambah yang mengubah input menjadi output yang dapat dijual dengan harga kompetitif di pasar. Sistem produksi memiliki beberapa karakteristik berikut:
2.      Mempunyai komponen-komponen atau elemen-elemen yang saling berkaitan satu sama lain dan membentuk satu kesatuan yang utuh. Hal ini berkaitan dengan komponen struktural yang membangun sistem produksi itu.
3.      Mempunyai tujuan yang mendasari keberadaannya, yaitu menghasilkan produk (barang dan/atau jasa) berkualitas yang dapat dijual dengan harga kompetitif di pasar.
4.      Mempunyai aktifitas berupa proses transformasi nilai tambah input menjadi output secara efektif dan efisien.
5.      Mempunyai mekanisme yang mengendalikan pengoperasiannya, berupa optimalisasi pengalokasian sumber-sumber daya.
a.      Proses transformasi nilai tambah dari input menjadi output dalam sistem
6.      produksi modern selalu melibatkan komponen struktural dan fungsional yang berperan penting dalam menunjang kontinuitas operasional sistem produksi itu. Komponen struktural yang membentuk sistem produksi terdiri dari: bahan (material), mesin dan peralatan, tenaga kerja, modal, energi, informasi, tanah, dan lain-lain. Sedangkan komponen fungsional terdiri dari: supervisi, perencanaan, pengendalian, koordinasi, dan kepemimpinan, yang kesemuanya berkaitan dengan manajemen dan organisasi. Komponen-komponen yang disebutkan di atas merupakan elemen-elemen utama dalam sistem produksi yaitu berupa input. Selain input, elemen utama lainnya yaitu: proses, output, serta adanya suatu mekanisme umpan balik untuk pengendalian sistem produksi itu agar mampu meningkatkan perbaikan terus-menerus (continous improvement). Suatu proses dalam sistem produksi dapat didefinisikan sebagai integrasi sekuensial dari tenaga kerja, material, informasi, metode kerja, dan mesin atau peralatan dalam suatu lingkungan guna menghasilkan nilai tambah bagi produk, agar dapat dijual dengan harga kompetitif di pasar. Proses itu mengkonversi input terukur ke dalam output, terukur melalui sejumlah langkah sekuensial yang terorganisasi. Definisi lain dari proses adalah suatu kumpulan tugas yang dikaitkan melalui suatu aliran material dan informasi yang mentransformasikan berbagai input ke dalam output yang bermanfaat atau bernilai tambah tinggi. Suatu proses memiliki kapabilitas atau kemampuan untuk menyimpan material (yang diubah menjadi barang setengah jadi) dan informasi selama transformasi berlangsung.
a.      Perencanaan dan pengendalian proses produksi merupakan metode yang digunakan dalam menghasilkan produk yang melewati proses dimana produk dibuat berdasarkan informasi tentang keinginan konsumen (pasar) yang diperoleh dari riset pasar yang komprehensif, selanjutnya didesain produk sesuai dengan keinginan pasar itu. Desain produk telah menetapkan model dan spesifikasi yang harus diikuti oleh bagian produksi. Bagian produksi harus meningkatkan efisiensi dari proses dan kualitas produk, agar diperoleh produk-produk berkualitas sesuai dengan desain yang telah ditetapkan berdasarkan keinginan pasar itu, dengan biaya yang serendah mungkin.
b.      Dengan perencanaan dan pengendalian proses produksi semua hal tersebut dapat dicapai dengan menghilangkan pemborosan (waste) yang terjadi dalam proses produksi itu.

7.        Tujuan :
a.      Memahami konsep dasar sistem produksi, teknik peren- canaan, pengendalian produksi, inventori, tenaga kerja dan input-input lainnya. Mampu melakukan peramalan permintaanMampu menyusun MPS dan MRP. Mampu melakukan perencanaan kapasitas.
8.        Pokok Bahasan
a.      Perencanaan dan pengendalian produksi. Fungsi pe- ramalan dan teknik peramalan. Sistem dan pengenda-lian inventori. Master Production Schedule/MPS/ Peren-canaan Jadwal Produksi Induk. Material Requirement Planning /MRP/ Perencanaan Kebutuhan Material. Perencanaan Kapasitas;Resource Planning, Capacity PlanningCapacity Requirement Planning.Penjadwalan  Pengurutan kerja, operasi dan tenaga kerja. Pengenda-lian Aktivitas Produksi. Rescheduling, Distribution, Requirement Planning, Supply Chain,  danEnterprise Resource Planning.

9.      PENGERTIAN

PPC adalah kegiatan pabrik yang meliputi perencanaan dan pengendalian segala sesuatu yang berhubungan dengan produksi barang/jasa.

   PRODUCTION: Suatu proses pengubahan bahan-bahan dari sumber-sumber menjadi hasil yang diinginkan oleh konsumen.
        PLANNING:  Melihat kedepan, antisipasi segala kemungkinan/kendala yang akan dihadapi, dan menentukan bagaimana cara memproduksi terbaik dan dapat menjualnya
        CONTROLLING :  fase  untuk memastikan bahwa produksi berjalan dengan baik dan terkendali.

1KEGIATAN PPC
a.      Penyusunan JIP (jadwal induk produksi) / skedul induk.
b.      Perencanaan kebutuhan TK.
c.       Menerima pesanan produk.
d.      Mengurai pesanan yang diterima.
e.      Menentukan kebutuhan Bahan Baku.
f.        Menentukan peralatan produksi.
g.      Pengelolaan persediaan BB di gudang.
h.      Menentukan urutan mesin/peralatan.
i.        Mempersiapkan perintah pengerjaanMenyusun skedul pelaksanaan produksi.
j.        Menjamin segala kebutuhan produksi tersedia.
k.       Menyeimbangkan pesanan-kapasitas.
l.        Mengeluarkan perintah produksi.
m.    Mengatur transportasi BDP (Barang dalam Proses).
n.      Menerima laporan pekerjaan yang telah selesai.
o.      Memecahkan masalah penundaan produksi.
p.      Merevisi perubahan pesanan.
q.      Mengoperasikan gudang penyimpanan barang jadi.
r.       Estimasi pesanan yang dibutuhkan.

11.  Faktor penting dalam melakukan pengukuran adalah standar produksi meliputi waktu, mutu, jumlah yang dapat dihasilkan berdasarkan penelitian yang dilakukan pada jangka waktu tertentu di perusahaan ini.  Pengukuran perlu dilakukan secara terus-menerus sehingga keputusan yang diambil untuk pengembangan jangka panjang mempunyai dasar yang objectif.
Fungsi perencanaan produksi yang bertanggung jawab atas tersedianya material produksi dan material pembantu agar  proses produksi dapat berjalan sesuai rencana yang ditetapkan. Keperluan meminimumkan persediaan berhubungan dengan besarnya biaya yang diperlukan oleh persediaan yaitu :
Pada dasarnya perencanaan produksi agregat  merupakan suatu proses penetapan tingkat output/kapasitas produksi secara keseluruhan guna memenuhi tingkat permintaan yang diperoleh dari peramalan dan pesanan dengan tujuan meminimalkan total biaya produksi.

Salah satu metoda perencanaan produksi yang banyak digunakan misalnya perencanaan Agregat.  Sebagai contoh, beberapa fungsi perencanaan agregat adalah sebagai berikut;
1.    Menjamin rencana penjualan dan rencana produksi konsisten terhadap rencana strategi perusahaan
2.    Alat ukur performansi proses perencanaan produksi
3.    Menjamin kemampuan produksi konsisten terhadap rencana produksi
4.    Memonitor hasil produksi aktual terhadap rencana produksi dan membuat    penyesuaian
5.    Mengatur persediaan produk jadi untuk mencapai target dan membuat penyesuaian
6.    Mengarahkan penyusunan dan pelaksanaan jadwal induk produksi.

a.      Perencanaan dan pengendalian prosduksi (PPC)adalah aktivitas bagaimana mengelola proses produksi tersebut. PPC merupakan tindakan manajemen yang sifatnya abstrak (tidak dapat dilihat secara nyata). System computer barangkali merupakan analogi yang tepat untuk system produksi. Proses produksi adalah perangkat kerasnya (hardware) dan PPC adalah perangkat lunaknya (software).

Bila PPC juga disebut system produksi maka pengertian system produksi berarti ada dua, yaitu :

1. Suatu system untuk membuat produk ( mengubah bahan baku menjadi barang) yangmelibatkan fungsi manajemen (yang bersifat abstrak) untuk merencanakan dan mengendalikan proses pembuatan tersebut.
2. Suatu teknik untuk merencanakan dan mengendalikan produksi (bersifat abstrak) dan tidak membahas preose pembuatan produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar